Analisis Novel The Secret Garden
Memahami
Secret Garden
Diterjemahkan
dari Sparknotes
Themes
Kehadiran
Sihir
Ketertarikan
mutlak Colin Craven akan taman dan makhluk-makhluknya benar-benar dipadukannya
dengan kehidupan, dan sesuatu yang menghidupkan- ia sekarang yakin bahwa ia
akan hidup sebagai seorang pria, dan ia akan menjadi seperti “ilmuwan” yang
mempelajari sihir. Tentu saja, satu-satunya jenis ilmuwan yang mungkin
mempelajari apa yang disebut Hodgson Burnett sebagai sihir adalah Ilmuwan
Kristen- di sepanjang novel, gagasan tentang sihir sangar dipengaruhi oleh prinsip-prinsip
Ilmu Kristen dan New Thought. Salah satu defenisi sihir yang diberikan oleh
novel adalah konsepsi sihir sebagai semacam kekuatan yang hidup- ini dapat
membuat Colin berdiri lagi, dan bunga-bunga tumbuh di luar bumi. Hal ini juga
selaras dengan Christian God, di mana Colin mengatakan bahwa Doxology (sebuah
himne Kristen) menawarkan rasa syukur yang sama ketika dia mengatakan bahwa dia
bersyukur atas adanya sihir atau keajaiban. Konotasi Kristen ini diperkuat
dalam cara, di antaranya dalam deskripsi Mrs. Sowerby tentang sihir sebagai
semacam pencipta, yang hadir dalam segala hal, dan bahkan menciptakan manusia
itu sendiri- dengan jelas mengaitkannya dengan Yang Mahakuasa, dan Tuhan
Kristen yang ada di mana-mana. Nada Kristen juga dapat ditemukan dalam adegan
di mana Mary membuka jendela sehingga Colin dapat menghirup udara musim semi
yang ajaib. Saran Colin setengah bercanda bahwa mereka dapat “mendengar
terompet emas” mengingatkan terompet emas yang diyakini oleh orang Kristen
untuk menandai pintu masuk ke surga. Lebih jauh, Mary mengatakan bahwa udara
musim semi membuat Dickon merasa seolah-olah “dia bisa hidup selama-lamanya”;
gagasan ini dengan jelas menggemakan kepercayaan Kristen bahwa Firdaus
mengandung janji kehidupan kekal. Tidak seperti mitos Krsiten konvensional,
Firdaus dapat ditemukan di bumi, di alam, dan juga di surga. Pergeseran ini
mencerminkan yang dibuat oleh sistem Pemikiran Baru Hodgson Burnett, yang
menyatakan bahwa keilahian dapat ditemukan di lanskap, di semua mahluk hidup alami.
Colin sekali lagi berteriak bahwa dia merasa bahwa dia akan hidup selamanya
secara langsung sebelum nyanyian Doxologi. Lingkaran sihir anak-anak
dibandingkan dengan “pertemuan doa” dan “semacam kuil”; Colin digambarkan
sebagai “semacam pendeta.” Nnyanyian yang mereka lakukan untuk menggil sifat
penyembuhan dari sihir sangat mirip dengan doa penyembuhan seorang praktisi
medis Ilmu Pengetahuan Kristen. Gagasan bahwa seseorang hanya perlu “mengatakan
hal-hal berulang-ulang dan memikirkannya sampai hal itu tetap ada dalam pikiran
anda selamanya” juga diambil dari penekanan Christian Scientist pada kekuatan
dan perlunya berpikir positif.
Hubungan Antara Kesehatan dan
Tampilan
Salah
satu tema yang mendasari buku ini adalah bagaimana kebahagiaan menghasilkan
kebahagiaan, dan kesengsaraan hanya menghasilkan lebih banyak kesengsaraan.
Misalnya, fakta bahwa Mr. Craveb memastikan bahwa dia akan terus menerus
bersedih, dan akan membuat orang-orang di sekitarnya sama sedihnya. Sumber ide
ini lagi-lagi dapat ditemukan dalam ketertarikan Burnett terhadap gerakan
Pemikiran Baru dan Christiany Science, yang menyatakan bahwa seseorang hanya
boleh memikirkan pikiran-pikiran positif jika ingin hal-hal baik terjadi. Fakta
bahwa ide ini bisa saja salah tidak membuat para penganutnya jera. Pernyataan
Dickon bahwa “musim semi akan lebih baik (untuk Colin) daripada urusan dokter”
merupakan contoh lain dari ajaran Ilmuwan Kristen dalam novel. Christian
Science, sebagai sebuah folosofi, tidak menyetujui keterlibatan medis; tidak
ada penyakit yang benar-benar jasmani (disebabkan oleh tubuh), tetapi
sebenarnya merupakan hasil dari pemikiran yang tidak sehat dan negatif. Colin
harus memiliki hubungan dengan kehidupan dunia jika ingin terus hidup, karena
hubungan ini akan menghilangkan pikirannya tentang kematian: Dickon (dipandu
oleh keyakinan Christian Science Burnett) mengatakan bahwa Colin “tidak boleh
berbaring di sana memikirkan [dari kematian dan penyakit]... Tidak ada anak
laki-laki yang bisa sembuh seperti yang mereka pikirkan.” Fakta bahwa kemarahn
Colin pada Ben Weatherstaff memberinya kekuatan yang cukup untuk berdiri
memperkuat anggapan bahwa ketidakmampuannya untuk melakukan apa-apa adalah
hasil dari pikiran negatifnya. Hal itu juga menggarisbawahi gagasan bahwa jika
seseorang ingin menyembuhkan penyakitnya, dia bisa. Pikiran negatif adalah
kesalahan manusia yang ditemukan sebagai akar dari semua penyakit; oleh karena
itu seseorang harus memaksakan mengganti pikiran buruk dengan pikiran yang
menyenangkan, karena “dua hal tidak dapat berada di satu tempat.” Gagasan ini
tercermin dari hubungan metamorfosis menakjubkan Colin dan Mary. Begitu mereka
memikirkan taman dan alam, tentang Dickon dan tentang persahabatan, mereka
tidak dapat lagi menyibukkan diri dengan pertentangan mereka sendiri atau
dengan ketakutan menjadi bungkuk dan mati muda. Sebaliknya, mereka menjadi
anak-anak yang normal, sehat, penuh mimpi masa depan.
Hubungan Antara Pemandangan dan
Kesejahteraan
Salah
satu penggambaran tema dalm novel ini adalah dengan menciptakan pertentangan
antara India dan Inggris Novel tersebut secara halus mengaitkan penyakit masa
kanak-kanak Mary dengan waktunya di India; “Wajahnya kuning karena dia lahir di
India dan selalu sakit dalam satu atau lain cara.” India, jelas, bukanlah
tempat yang baik untuk anak-anak Inggris (walaupun novel tersebut tampaknya
menunjukkan bahwa kesalahan terletak pada Iindia, bukan pada invasi Inggris ke
negara itu). India secara konsisten ditampilkan sebagai tempat yang melahirkan
penyakit dan ketidakcantikan, serta semacam kematian yang hidup: selama Mary
tinggal di sana, dia “selalu terlalu panas dan lesu” untuk beraktivitas. Waktunya
di Moore membawa perubahan dalam diri Mary: perlahan dia tumbuh menjadi lebih
kuat dan lebih sehat, dan imajinasinya, yang terbengkalai selama di India,
dengan cepat tumbuh kembali karena lingkungan manor dan pencariannya akan kebun
rahasia. Hubungannya dengan pekebun inggrism pemuda inggris, dan bangsa inggris
menyembuhkannya dari penyakitnya selama di India. Demikina pula, penyakit yang
diderita Master Craven disebabkan oleh perjalanannya yang terus menerus ke
berbagai tempat asing. Dari segi bidang ekonomi dalam novel, semua kehidupan
dan kebahagiaan semua berada dalam Missel Moor, dengan demikian perjalanan
meninggalkan Moor merupakan tanda adanya penyakit. Meninggalkan Moor sama
artinya dengan penderitaan bagi orang tersebut. Perjalanan, yang dibicarakan
oleh narator secara berulang, menandakan bahwa Master Craven telah “melupakan
dan menelantarkan rumahnya dan kewajibannya.” Pemandangan alam secara konsisten
dihubungkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi: angin yang melonlong itu
yang membangunkan Mary dan mendengar tangisan Coling; Robin di burung dada
merah dan hembusan angin menunjukkan kunci kebun rahasia kepada Mary.
Pemandangan alam adalah personafikasi sepanjang novel. Kebun Rahasia
menghidupkan Colin dan Mary dan sebaliknya Colin dan Mary menghidupkan si
kebuhn rahasia.
Pentingnya Persahabatan
Komentar
Susan Sowerby tentang anak yang tidak diinginkan tidak pernah berkembang dengan
baik adalah permutasi lain dari gagasan Christian Scinence bahwa tidak ada
penyakit yang benar-benar dari tubuh, tetapi sebenarnya merupakan hasil dari
pemikiran negatif yang tidak sehat. Karena Ccolin dan Mary tidak dicintai, dan
keduanya memiliki masa kanak-kanak yang dipenuhi kecemasan dan pemikiran negatif,
seolah-olah orang tua mereka berharap mereka jatuh sakit. Selain itu, Colin dan
Mary begitu getir dan egois karena mereka kesepian dan sama sekali tidak
memiliki persahabatan: mereka membutuhkan teman dari anak-anak lain untuk
mendorong menahan egoisme mereka dan menginspirasi kebaikan bagi mereka. Begitu
Colin dan Mary mendekatkan diri mereka pada teman lain, Dickon, dan alam,
mereka menjadi lebih baik dan lebih simpatik.
Esai Singkat
Sejumlah
kesamaan mencolok antara Mary dan Colin langsung terlihat: keduanya berusia
sepuluh tahun; mereka berdua telah melewati masa kanak-kanak yang sakit-sakitan
dan terabaikan; keduanya sangat manja; dan keduanya dijaga oleh pengasuh dan
pelayan yang diperintahkan utnuk menuruti setiap keinginan mereka. Kedua anak
tersebut memiliki orang tua yang mengabaikan kehadiran mereka dan
menyembunyikan mereka seperti sebuah rahasia. Tidak ada yang pernah melihat
Colin atau Mary; tentara yang menemukan mereka di bungalo orang tuanya
menyatakan bahwa mereka tidak pernah tahu bahwa “wanita cantik” itu memiliki
seorang anak. Saat pertama kali melihat Colin, Mary berseru, “Saya tidak pernah
tahu [Master Craven] punya anak!” Mary adalah “pasangan yang cocok” untuk Colin
sejauh mereka masingg-masing dapat memahami kesulitan satu sama lain.
Pernyataan
Mary, di Bab XIV, bahwa dia dan Colin “saling menatap” mendukung kesamaan
mereka. Kata “menatap” di sini menyiratkan hubungan timbal balik yang setara.
Colin bukan hanya tontonan bagi Mary, Mary bukan pula tontonan bagi Colin.
Mereka bertemu dengan penderitaan yang sama, sebagai dua anak berusia sepuluh
tahun; tidak ada belas kasihan di kedua sisi. Kurangnya belas kasihan Mary
bermanfaat bagi Colin dengan cara lain. Sikapnya membuat dia untuk tidak
mematuhi larangan Colin. Dia cukup berani (dan cukup tegas) untuk membantahnya
ketika dia mengatakan bahwa dia akan menjadi bungkuk dan mati muda. Sangat
penting bagi Colin untuk memiliki kontradiksi dengan pikiran negatifnya,
sehingga pikiran positif dapat ditempatkan pada tempatnya; ini adalah salah
satu prinsip sentral dari pemikiran Baru dan Christian Science.
Menggarisbawahi
gagasan bahwa Colin harus melepaskan pikiran negatifnya agar dapat sembuh
adalah keyakinan bahwa tidak ada yang beanr-benar sakit pada tubuh Colin- penyakitnya
sepenuhnya hasil dari pikirannya. Baik Colin maupun Mary tidak bertanggung
jawab atas keburukan mereka sendiri – kesalahan terletak tepat pada orang tua
mereka, yang pengabaiannya menyebabkan mereka menjadi getir dan manja. Pendeta
mencatat bahwa ibu Mary “jarang sekali melihat Mary,” sehingga Mary tidak
mewarisi kecantikan maupun pesonanya. Colin, pada bagiannya, tidak pernah
memiliki ibu, dan ayahnya tidak tahan melihatnya. Seperti yang dikatakan Susan
Sowerby, “anak-anak yang tidak diinginkan akan tumbuh memberontak” – anak-anak
perlu dikasihi jika mereka ingin berbudi luhur dan sehat/ Begitu keadaan mereka
berubah, Colin dan Mary juga berubah; memiliki kasih sayang dan menginspirasi
orang lain (dikombinasikan dengan aktivitas merawat taman rahasia) mengarah
pada penebusan mereka.
Ketertarikan
mutlak Colin Craven pada taman dan mahluk-mahluknya benar-benar menyatukannya
dengan hal-hal kehidupan, dan dengan pekrjaan hidup- dia sekarang yang bahwa
dia akan hidup untuk menjadi manusia, dan mengusulkan bahwa dia akan menjadi
semacam itu. “Ilmuwan” yang mempelajari sihir. Tentu saja, satu-satu jenis
ilmuwan yang mungkin mempelajari apa yang oleh Hodgson Burnett disebut sebagai
sihir adalah Chritian Science- di sepanjang novel, gagasan tentang sihir sangat
dipengaruhi oleh prinsip Ilmu Pengetahuan Kristen dan Pemikiran Baru. Salah
satu definisi sihir yang diberikan novel ini adalah konsepsi sihir semacam
kekuatan hidup- sihir memungkinkan Colin berdiri, dan bunga-bunga bekerja di
luar bumi. Itu juga selaras dengan keberadaan Tuhan kristen, di mana Colin
mengatakan bahwa Doxology (himne keristen) mengucapkan terima kasih kepada hal
yang sama yang dia lakukan ketika dia mengatakan bahwa dia berterima kasih atas
keajaiban yang terjadi.
Konotasi
kristen ini diperkuat dalam beberapa hal, di antaranya dalam penggambaran Mrs.
Sowerby tentang sihir sebagai semacam pencipta, yang hadir dalam segala hal,
dan bahkan menciptakan manusia itu sendiri- jelas mengasosiasikannya dengan yang
maha kuasa, maha segalanya, maha mengetahui dan Tuhan Kristen yang ada di
mana-mana. Lingkaran sihir anak-anak dibandingkan dengan :pertemuan doa” dan “semacam
kuil”. Colin digambarkan sebagai semacam pendeta. Nyanyian yang mereka lakukan
untuk memanggil khasiat penyembuhan dari sihi sangat mirip dengan doa
penyembuhan dari seorang praktisi medis ilmu pengetahuan kristen. Gagasan bahwa
seseorang hanya perlu “mengatakan sesuatu berulang-ulang dan memikirkannya
sampai hal itu tetap ada dalam pikiran anda selamanya” juga diambil dari
penekanan Ilmuwan Kristen pada kekuatan dan perlunya berpikir positif; ini juga
disajikan sebagai bentuk sihir.
Eden,
juga disebut Firdaus, adalah taman tempat manusia pertama yang diciptakan oleh
Tuna (Adam dan Hawa) hidup hingga saat kejatuhan. “Kejatuhan” mengacu pada saat
Tuhan mengusir Adam dan Hawa dari Taman Eden untuk mencicipi Pohon
Pengtetahuan. Taman rahasia terhubung dengan Eden melalui kisah Martha tentang
masa-masa ilahi yang dimiliki oleh Master Craven dan istrinya sebelum dia
benar-benar “jatuh”- sebelum, yaitu, dia jatuh dari pohon mawar menuju
kematiannya. Itu juga mirip dengan Eden yang mewakili syrga kepolosan dan
idealitas untuk Mary, Dickon, dan Ccolin. Seperti Eden, mereka menikmati
hubungan dekat yang unik dengan Tuhan )yang terkadang disebut sebagai sihir,
dan sebagai “Big Good Thing”) saat mereka berada dalam tembok tamannya. Pengasinagn
Mary dan Dickon di taman rahasia memunculkan gambaran tentang Tuan dan Nyonya
Craven. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa Mary membungkik dan mencium crocus
yang baru berkembang, seperti Nyonya Craven mencium mawarnya. Kualitas waktu
mereka yang seperti Eden hanya diperkuat dengan kehadiran “peliharaan” Dickon
yang jinak, yang mengingatkan kita akan binatang yang diciptakan Tuhan Kristen
untuk menemani manusia pertama.
Comments
Post a Comment